About

Pages

Sabtu, 01 Juni 2013

7 Faktor Penyebab Stres Saat Anda Bekerja

7 Faktor Penyebab Stres Saat Anda Bekerja


7 Faktor Penyebab Stres Saat Anda Bekerja
Stres saat bekerja tentu menjadi masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Hal itu bisa dipengaruhi oleh banyak hal, biasanya tanpa disadari, orang akan merasa stres saat pekerjaan mereka mulai ruwet atau membosankan. Yang menjadi faktor dasar penyebab timbulnya stres itu adalah karena faktor kebiasaan mereka sendiri yang secara langsung atau tidak telah mempengaruhi kesehatan fisik serta mental. Kebiasaan apa sajakah itu? Berikut ini adalah kebiasaan saat bekerja yang dapat memicu timbulnya stres, yaitu:



  1. Khawatir atau gelisah

    Timbulnya stres dapat dipicu oleh kebiasaan seseorang yang selalu merasa khawatir atau cemas pada suatu hal, inilah yang menjadi penyebab utama stres, rasa khawatir bisa membuat ketegangan di kepala Anda jadi meningkat. Jika Anda sering merasa gelisah, maka Anda akan selalu panik dan senantiasa tidak bisa merasa santai dan lebih cenderung untuk merasa stres.

  2. Mencoba membuat orang lain senang

    Dapat menyenangkan orang lain memang merupakan hal yang baik. Akan tetapi, hal itu juga malah bisa jadi bumerang untuk Anda. Ketika Anda mencoba menyenangkan semua orang, dan ketika mereka merasa kehilangan kebahagiaanya, akan membuat Anda jadi marah-marah, jengkel, murung dan merasa tidak puas. Hal seperti itu juga dapat menjadi pemicu rasa stres Anda.

  3. Kurang tidur

    Waktu tidur yang kurang tercukupi akan dapat menjadi penyebab stres ketika Anda sedang bekerja. Waktu tidur yang baik untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran Anda adalah 8 jam dan setidaknya 6 jam per hari. Jika jam tidur tersebut tidak terpenuhi, Maka akan menyebabkan Anda merasa kesal, lelah, cemas, murung, tertekan dan gelisah.

  4. Membandingkan kesuksesan Anda dengan rekan kerja

    Hal ini adalah hal yang tidak boleh Anda lakukan, membandingkan kesuksesan Anda dengan teman kerja hanya akan membuat Anda iri dan menimbulkan kecemburuan sosial. Yang perlu Anda ingat adalah, kalau tiap orang punya nasib dan rejeki yang berbeda satu sama lain. Namun Anda patut selalu mensyukuri apa yang Anda punya.

  5. Mengatur kehidupan orang lain

    Hal ini juga bisa menjadi penyebab timbulnya stres. Tiap orang di pekerjaan tentu punya posisi yang berbeda. Jika Anda punya jabatan yang lebih di kantor, Anda akan cenderung punya sifat mendominasi dan harus mengatur bawahan Anda, hal seperti ini malah bisa membuat Anda terbebani dan stres.

  6. Menunda pekerjaan

    Menunda pekerjaan merupakan hal yang buruk untuk Anda lakukan, karena hanya akan menambah pekerjaan dan beban Ada didepannya. Kerjaan dan tugas yang menumpuk akan menyebabkan Anda jadi stres. [By Agus]

0 komentar:

Posting Komentar