About

Pages

Kamis, 17 Oktober 2013

“Namnam” BUAH YANG TERLUPAKAN

“Namnam” BUAH YANG TERLUPAKAN

 


Lukisan profil dari Blanco
Lukisan profil dari Blanco
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Upafamili: Caesalpinioideae
Bangsa: Detarieae
Genus: Cynometra
L.
Spesies: C. cauliflora
Nama binomial
Cynometra cauliflora






Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta. Begitulah pepatah lama yang sepertinya cocok sekali dengan buah ini. Namnam, buah yang mungkin hanya segelintir orang mengenalnya. Buah ini dulu sering penulis temui di halaman belakang rumah nenek, tapi seiring perkembangan zaman, buah ini seakan telah lenyap dan tidak ada usaha untuk penyelamatannya.

Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, mempunyai dua buah pohon koleksi, yang berasal dari Kebun Percobaan Cipaku. Tetapi sayangnya, dokumentasi tentang kapan tepatnya penanaman pohon ini tidak ada. Namun bagaimanapun, hal ini cukup menggembirakan, karena pohon masih terawat dengan baik.
Namnam adalah sejenis pohon dari famili polong-polongan (Leguminosae alias Fabaceae). Nama ilmiahnya adalah Cynometra cauliflora, hal ini karena bunga dan buahnya berada di batang (cauliflory). Asal usul tanaman ini tidak begitu jelas, namu diperkirakan dari wilayah Malesia timur. Pohonnya tidak terlalu tinggi ± 3 meter. Dapat ditanam sebagai tanaman penghias pekarangan ataupun diambil buahnya. Yang unik dan menarik dari tanaman ini adalah, daun muda berwarna merah muda terang sehinggat terlihat seperti tanaman hias. Kulit batang halus dan berbintil, kecoklatan dan abu-abu dan batang berbonggol-bonggol.
Pohon namnam dengan tunas muda berwarna merah cerah
Bunga merupakan tandan kecil , yang mempunyai 4-5 tandan. Bunganya kecil, kelopak berwarna merah jambu pucat atau putih. Mahkota berbentuk lanset, dan berwarna putih.
Bunga namnam berukuran kecil Buah namnam yang keluar di pangkal batang
Buah berbentuk ginjal keriput yang ujungnya meruncing, tumbuh di batang, hingga dekat ke tanah. Didalam buah terdapat sebuah biji yang berbentuk ginjal pipih. Buah yang telah masak memiliki rasa yang asam segar, dapat dimakan secara langsung atau dibuat sebagai asinan, rujak, maupun manisan. Bahkan di beberapa daerah digunakan sebagai sambal.
Buah namnam yang melekat di batang, kanan buah muda (A) dan masak (B)

0 komentar:

Posting Komentar